Sunday 2 October 2011

PENTINGNYA MENGONTROL PIKIRAN

SALAM SEHAT SEMANGAT, SAHABAT ( MARDIANA SUSANTI AL-THAFUNNISA')

Ukuran bagi seorang manusia adalah sejauh mana ia dapat berkonsentrasi ( Milton Wright )

KEMAMPUAN berkonsentrasi pasti membawa keberhasilan. Kemampuan ini menghasilkan penguasaan atas situasi, meningkatka keefisenan, dan memungkinkan sahabat memecahkan masalah sahabat.
          Batu sandungan yang utama terhadap konsentrasi adalah gangguan yang tidak diinginka yang muncul dalm pikiran kita. Gangguan ini akan menghalangi usaha kita untuk mencapai konsentrasi penuh . Solusi satu-satunya adalah belajar untuk mengontrol dan menenangkan pikiran kita. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kita tidak memiliki pilihan untuk menerima atau menolak pikiran. Jangan sampai kita merasa menjadi korban dari pikiran kita sendiri.
          Hal kedua adalah kita harus mengawasi pemikiran kita secara sadar dan mencegah diri kita agar tidak terpengaruh gangguan apapun yang dapat mempengaruhi konsentrasi kita. Kita memulai suatu proyek sangatlah mudah untuk bermimpi dan kehilangan focus. Yang kita utuhkan adalah ketekuna untuk berkonsentrasi tampa pikiran yang mengganggu. Apabila kita memiliki keinginan itu, maka konsentrasi akan menjadi lebih mudah.
          Konsentrasi adalah Suatu aktivitas. Semakin kita praktikkan dan latih , maka aka semakin baik pula kemampuan konsentrasi kita. Kita tentunya tidak mengharapkan untuk bias menjadi hebat tanpa pelatihan. Sama juga halnya dengan konsentrasi. Konsentrasi itu seperti otot tubuh , semakin kita melatihnya, maka konsentrasipun akan semakin kuat.
          Meditasi bias meningkatkan kekuatan konsentrasi.  Sebenarnya pada saat kita mencoba untuk bermeditasi, hal utama yang harus kita kuasai adalah konsentrasi. Meditasi setiap hari dapat memberikan kita kesempatan untuk melatih kualitas konsentrasi kita. Hal ini bias dilakukan dengan mengkonsentrasikan pikiran atau hanya mengkonsentrasikan pernafasan. Latihan ini sangat sederhana namun sangat efektif.
          Konsentrasi terhadap satu hal untuk waktu yang lamasangatlah sulit. Apabila kita konsentrasikan pada satu tugas atau pada satu jam, maka kita dapat melakukan hal yang selanjutnya. Oleh sebab itulah kita dapat mempertahankan kekuatan konsentrasi tanpa merasa lelah terhadap suatu aktivitas.
          Kekuatan konsentrasi juga bergantung pada kondisi fisik kita. Apabila kita merasa lelah atau kurang sehat, maka konsentrasi akan menjadi lebih sulit. Konsentrasi tentu saja masih dapat dilakukan, hanya saja akan menjadi lebih sulit. Namun kita harus mencoba membuat hidup lebih mudah untuk diri kita sendiri. Kita harus memberikan prioritas pada kesehatan kita : Cukup tidur jaga tubuh agar tetap fit.
          Olahraga membantu kita untuk meningkatkan konsentrasi. Mengurangi berat badan, menjernihkan pikiran dan menciptakan dinamisme juga akan sangan membantu. Apabila sahabat merasa sulit untuk berkonsentrasi maka solusinya adalah tubuh yang sehat dan olahraga.
          Meskipun terdengar sangat sederhana namun kekurangan waktu tidur dapat menimbulkan beberapa konsekuensi, salah satunya adalah melemahnya kemampuan anda untuk focus terhadap sesuatu. Rasa lelah akibat kurang tidur mempengaruhu produksi unsure kimia pada otak yang secara otomatis dapat mengurangi daya konsentrasi dan membuat sahabat menjadi pelupa.
          Ketika seseorang merasa tertekan akan mengalami stress, karena otak akan melepaskan hormone stress yang berdampak pada kemampuan otakdalam berkonsentrasi. Sudah pasti hal ini akan mempengaruhi tingkat memori dan kemampuan daya fokos sahabat terhadap sesuatu.
          Jenis makanan yang kaya akan antioksidan seperti buah-uahan dan sayur mayor merupakan sumber makanan bergizi bagi kebutuhan sel otak. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi jenis makanan sehat setiap hari termasuk cemilan sehat. Rasa lapar yang berdampak pada produksi gula darah juga dapat menghalangi kemampuan seseorang dalam berkonsentrasi.
          Agar pikiran sahabat tetap tajam, latihlah otak dengan mencoba melakukan permainan puzzles atau jenis permainan lainnya yang bias mmbantu menstimulasi otak. Aktivitas ini dapt mambantu membangun ketahahan mental dan membuat sahabat lebih focus dan mudah berkonsentrasi meskipun sahabat sedang berhadapan dengan pekerjaan yang menumpuk atau mengalami gangguan lainnya.
           Para peneliti mengungkap bahwa orang yang rajin melakukan aktivita olahraga akan lebih mudah dalam memfokuskan diri serta memeiliki konsentrasi yang lebih baik daripada mereka yang tidak melakukan olahraga. Lakukan olahraga seperti berjalan atau berlari menaiki atau menuruni tangga, atu jenis olahraga lainnya

Semoga Bermanfaat : Mardiana Susanti Al-Thafunnisa

No comments:

Entri Populer